Situ Cibeureum terletak di Kp. CibeureumDesa CidadapKecamatan CampakaKabupaten CianjurJawa Barat. Situ Cibeureum merupakan salah satu desnitasi wisata yang ada di desa Cidadap.

Situ Cibeureum
Situ Cibeureum, image source: Luranys.com

Situ Cibeureum ini masih baru dibangun dan terus dikembangkan, jadi belum banyak wisatawan yang mengetahui destinasi wisata yang satu ini. Mungkin satu tahun lagi, proses pembangunan dan penataan spot akan selesai.

Menikmati pemandangan warna air yang biru kehijau-hijauan di situ ini akan membuat pikiran kamu menjadi segar dan bisa sedikit mengurangi rasa kejenuhan kamu.


Sejarah Awal Mula Nama "Situ Cibeureum"

Cekdam Cibeureum
Cekdam Cibeureum, source image: Luranys.com

Dahulu, danau ini sering dipakai oleh masyarakat kampung cibeureum untuk  memenuhi kebutuhan air disana, misalnya seperti mandi, mencuci, dan lain-lain. Bahkan ada pula para warga yang suka memancing di situ ini.

Konon, menurut informasi yang di dapat dari orang tua yang tinggal di kampung tersebut, dahulu setiap sore menjelang malam tiba warna air di situ cibeureum ini berwarna kemerah-merahan (bahasa sundanya: beureum).

Dari kejadian itulah, orang-orang kemudian menamainya dengan "Situ Cibeureum". Situ artinya danau kecil, sedangkan beureum memiliki artian merah.

Pengalaman admin sendiri, dahulu kalau bulan puasa suka ngabuburit ke tempat ini dengan membawa alat pancing untuk memancing ikan-ikan kecil disana. Yah, meskipun tidak mendapatkan banyak ikan, namun pikiran admin serasa fresh setelah pulang dari sana.

Situ Cibeureum: Destinasi Wisata Terbaru di Desa Cidadap

situ cibeureum campaka

situ cibeureum cianjur

Wahana yang bisa kamu nikmati di situ cibeureum antara lain seperti Rakit (perahu kecil yang terbuat dari bambu), sepeda air, dan kamu bisa santai di saung-saung yang dibangun diatas danau. Lebih enak lagi kalau kamu membawa alat pancing kesini agar bisa menikmati sensasi memancing yang asyik (Nguseup istilah bahasa sundanya).

Situ Cibeureum juga diikutsertakan dalam lomba kampung bersemi se-kabupaten cianjur, dan berhasil mendapatkan juara 1 (satu). Oleh sebab itu, Kepala Desa Cidadap beserta masyarakat setempat terus melakukan penataan dan pembangunan di situ cibeureum ini.

Nantikan update terbaru mengenai situ cibeureum di blog Bumdes Mantap ini. Jika kamu punya waktu liburan, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke situ cibeureum agar kamu mendapatkan sensasi baru dalam hidupmu!

Sumber: Situ Cibeureum: Destinasi Wisata Terbaru di Kabupaten Cianjur